Beberapa Peluang Ide Bisnis IT Yang Dapat Menghasilkan Keuntungan

Share

News & Info

Ada banyak sekali peluang atau Ide Bisnis yang bisa didapatkan secara online loh. Ya di era modern seperti saat ini banyak orang yang beraktivitas secara daring atau online mulai dari bisnis hingga membeli barang-barang yang dibutuhkan.

Tak hanya individu yang namun perusahaan juga memanfaatkan teknologi daring ini untuk mengembangkan bisnisnya ke bisnis digital. Pengembangan bisnis digital ini membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda dari pemasaran konvensional. Berikut ini adalah pembahasan tentang peluang usaha bisnis IT untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan sistem informasi dan teknologi modern saat ini.

Pengertian Bisnis Digital

Ide bisnis digital adalah sejumlah contoh usaha yang dilakukan secara daring melalui sebuah platform seperti website atau aplikasi toko online. Selain itu, model bisnis ini umumnya tidak memerlukan tempat yang luas.

Perbedaan Bisnis Online dan Konvensional

Pada dasarnya pemasaran atau yang disebut dengan marketing ini adalah proses dimana produk diperkenalkan kepada masyarakat dengan berbagai cara. Dengan tujuan agar produk yang dipasarkan menjadi banyak peminatnya. Lalu apa bedanya digital marketing dengan marketing konvensional? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Secara umum, pemasaran atau yang biasa disebut marketing adalah serangkaian proses untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara. Kegiatan pemasaran ini bertujuan supaya produk tersebut dapat memiliki banyak peminat. Lalu, apa bedanya digital marketing dengan marketing konvensional?

Perbedaan Target Konsumen

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform, alat, dan saluran online untuk memasarkan produk atau layanan tertentu. Semua media komunikasi dilakukan secara online menggunakan internet.

Adapun salah satu kelebihan dari pemasaran digital salah satunya adalah menjangkau konsumen yang lebih spesifik. Dengan memilih target konsumen yang sesuai dengan produk sehingga dapat membuat produk menjadi lebih mudah dikenal.

Menggunakan Media Promosi yang Berbeda

Media sosial juga bisa menjadi media promosi untuk pemasaran digital. Seperti instagram, facebook, twitter, dan lainnya. Dengan media sosial kita bisa memasarkan produk sesuai dengan target produk misalnya usia, gender, hingga minat seseorang.

Biaya Pemasaran yang Berbeda

Pemasaran digital ini memang memilik biaya yang jauh lebih murah bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali dengan memanfaatkan media sosial ataupun situs website gratis.

Ada juga platform digital yang menggunakan media iklan yang berbayar atau fitur ads yang tersedia untuk media promosi yang lebih baik. Biaya untuk memasang iklan juga relatif murah dibanding dengan biaya iklan di media konvensional seperti televisi, percetakan, ataupun radio.

Komunikasi Jadi Poin Penting dalam Pemasaran

Dalam pemasaran digital kita memiliki kemudahan dalam komunikasi dengan konsumen. Karena media yang digunakan cenderung memudahkan dalam berinteraksi menjadi lebih fleksibel.

Selain itu Anda juga dapat feedback atas pengalaman konsumen yang selama ini menggunakan produk yang ditawarkan.

Berbeda dari pemasaran konvensional, dimana interaksi kepada konsumen cenderung tidak efektif, karena media promosi pada strategi pemasaran ini tidak fleksibel untuk menghasilkan sebuah interaksi dengan konsumen.

Contoh Ide Bisnis Digital

Beberapa contoh ide bisnis digital berikut ini mungkin bisa dijadikan sebagai referensi untuk mengembangkan bisnis di era modern saat ini:

Web Development

Website adalah satu contoh produk itu yang sudah menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh perusahaan.

Karena di era sistem informasi saat ini sangat memudahkan perusahaan dalam berkomunikasi kepada konsumen.

Ada banyak manfaat memiliki website untuk bisnis seperti dapat meningkatkan kredibilitas, memperkenalkan profil perusahaan, sebagai media promosi, dan media komunikasi ke konsumen.

Ada banyak sekali peluang usaha yang ditawarkan oleh usaha web developer karena mencakup pasar kelas pribadi, kelas bisnis, hingga kelas korporat.

Startup Produk IT

Startup merupakan istilah bagi seseorang yang baru merintis bisnis yang ada pada bidang digital atau teknologi.

Contoh startup yang umum digunakan adalah pemrograman, desain, digital marketing, konten marketing, dan SEO.

Jasa Desain Grafis

Banyak orang yang memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis yang memilih untuk menawarkan jasanya kepada masyarakat yang membutuhkan. Harga dari sebuah desain terbilang cukup besar tergantung kemampuan desainernya. 

Penulis Artikel

Bagi orang yang memiliki hobi menulis biasanya mereka juga menawarkan jasanya untuk mencari penghasilan di dunia maya.

Pekerjaan menulis artikel ini juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang menjanjikan dan terbilang cukup mudah. Apalagi jika ia memahami tentang SEO yang membuat artikelnya menjadi lebih dihargai. 

SEO Konsultan

SEO atau Search Engine Optimization merupaekan salah satu teknik atau cara untuk meningkatkan nilai dari website. Sehingga website yang dioptimasi akan dengan mudah naik ke peringkat pertama di mesin pencarian seperti Google sehingga banyak pengunjung yang akan mengunjungi website tersebut.

Ilmu SEO ini memang tidak banyak orang yang menguasainya sehingga masih terbuka lebar peluang yang dapat membuat usaha atau bisnis teknologi. Untuk soal biaya SEO ini memang cukup mahal terutama untuk website yang memiliki persaingan yang ketat.

Aplikasi Mobile

Seiring berkembangan teknologi smartphone seiring juga berkembangnya aplikasi mobile dari tahun ke tahun dengan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Apalagi saat ini pengguna smartphone semakin meningkat dengan adanya smartphone dengan harga yang terjangkau.

Dengan melihat peluang ini para developer aplikasi mobile semakin bersemangat untuk memproduksi beragam jenis aplikasi mobile seperti game, aplikasi edukasi, hingga aplikasi untuk bisnis.

Pembuatan Software

Selain aplikasi smartphone, maka software untuk perangkat komputer juga tidak kalah besar peminatnya seiring banyaknya pengguna komputer untuk bisnis.

Software adalah perangkat lunak yang isinya dari bahasa pemrograman tertentu yang memiliki kesatuan yang memiliki nilai dan tujuan tertentu. 

Sehingga peluang bisnis membuat software ini bisa dijadikan peluang bisnis yang sering dilakukan oleh para developer. Melihat harga dari sebuah software cukup mahal membuat bisnis ini sangat menjanjikan bagi orang yang memang pintar dalam membuat coding.

Blogger

Tadi ada orang yang hobi menulis untuk menawarkan jasanya sebagai penulis artikel. Namun juga bisa menulis untuk membuat blog. 

Persiapan untuk membuat blog cukup murah, hanya dengan membeli nama domain dan hosting. Dan juga dengan ilmu SEO yang dapat meningkatkan website untuk dapat bersaing dengan blog lain di internet.

Dengan blog yang sudah matang maka bisa mendapatkan penghasilan dengan cara di monetasi misalnya menggunakan PPC adsense dari Google, program afiliasi, menjual slot iklan, review produk, dan masih banyak lagi model monetasi lainnya.

Media Social Consulting

Sosial media selain dijadikan sebagai tempat untuk promosi, bagi orang yang memiliki ilmu di bidang social media sering menggunakannya sebagai konsultan social media.

Orang yang memiliki ilmu sosial media ini akan menawarkan jasa untuk mengoptimalkan sosial media untuk bisnis, sarana promosi, dan menawarkan brand, hingga untuk meningkatkan follower atau tempat sebanyaknya.

IT Solution

IT solution adalah salah satu bisnis digital yang bergerak di bidang jasa atau penjualan produk IT. Misalnya menawarkan CCTV, alarm keamanan, jasa service perangkat IT, penjualan aplikasi, dan lainnya.

About Me

PT. Hebros was founded in 2011 in Jakarta, the company was founded with the aim of providing solutions in the field of Information Technology for every company in Indonesia. With the knowledge and skills of all our staff and with the accompaniment of passion and determination from the Management of PT. Hebros to be at the forefront, this time PT. Hebros has grown and developed into a leading solutions company in Indonesia. Miami-based Easyclocking device security system for the ASIA Region. In addition to attendance machine tools and access control.

  • System Integrator
  • Managed Service
  • Digital Solution

Follow Us :

Recent Posts

Watch Now