Mengenal Lebih Dalam mengenai Resolusi Gambar

Mengenal Lebih Dalam mengenai Resolusi Gambar. Apa yang menjadikan pendoman kita pada saat kita akan membeli kamera Digital ? Apakah brand ? Produsen optic ? Kekuatan baterai ? Kapasitas media penyimpanan ? Resolusi yang di dukung ? atau malah diskon nya 😀

Biasanya pada saat ingin membeli sebuah produk yang berkaitan dengan gambar (kamera digital,  TV, maupun projector) salah satu hal yang diperhatikan adalah resolusi yang didukung. Mengapa, karena resolusi ini akan menentukan kualitas gambar yang akan ditampilkan maupun yang akan disimpan.

Namun, sebenarnya apa itu resolusi gambar ? Apakah ada hubungannya resolusi gambar dengan kualitas gambar ? Kita bahas penyederhanaan 2 term tersebut di bawah.

 

Resolusi Gambar

Resolusi sangat berkaitan erat dengan jumlah pixel dalam sebuah gambar. Menurut Wikipedia, resolusi gambar adalah detail yang dapat dipresentasikan dalam sebuah gambar, semakin tinggi resolusi maka kualitas gambar akan semakin jelas detailnya. Biasanya resolusi juga dapat diinformasikan dengan ukuran tinggi dan lebar dari gambar tersebut atau jumlah total dari pixel gambar tersebut. Sebagai contoh, sebuah gambar memiliki resolusi lebar 2048 pixel dan tinggi 1536 pixel (2048 x 1536) berisi total 3.145.728 pixel atau lebih familiar disebut 3,1 Megapixel. Jadi dapat disimpulkan, jika sebuah kamera dengan spesifikasi 3 megapixel, maka kualitas maksimal gambar yang dapat di rekam adalah 2048 x 1536.

 

Kualitas Gambar

Kualitas adalah hasil akhir yang diwujudkan dalam gambar tersebut. Dalam bahasan mengenai kualitas gambar ini, kita akan mengenal mengenai kompresi. Apa yang dapat kita simpulkan jika ada 2 gambar memiliki resolusi yang sama namun ada yang di kompresi dan tidak seperti di bawah ini. Bisakah di tebak, gambar yang mana yang di kompresi dan yang tidak ?

Mengenal Lebih Dalam mengenai Resolusi Gambar

(courtesy dari web phothographylife.com)

Jika jawabannya gambar sebelah kanan, maka jawaban itu sangat benar. Metode kompresi akan sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan.

Format seperti file BMP atau TIF tidak mengompres gambar. Jika besar file menjadi sebuah hal yang penting (jumlah megabyte yang diperlukan untuk menyimpan gambar), kita dapat memilih untuk menyimpan gambar dengan format JPG dan memilih jumlah kompresi yang Anda inginkan sebelum menyimpan gambar.

Kompresi JPG menganalisis gambar dalam blok berukuran 8×8 piksel dan secara selektif mengurangi detail dalam setiap blok. Pada rasio kompresi yang lebih tinggi, pola blok menjadi lebih terlihat dan mungkin ada kehilangan detail gambar, terutama ketika gambar tersebut akan dicetak atau diproyeksikan pada bidang yang lebih besar dari yang disarankan. Subjek dan pola dalam gambar juga merupakan faktor. Sebagai contoh, gambar langit biru dapat dikompresi cukup sedikit tanpa kehilangan kualitas yang besar tetapi apabila gambar dengan bauran warna yang banyak (seperti gambar pelangi) maka gambar “pixelate” akan cukup terlihat. Dengan proses kompresi, gambar dapat di simpan dengan ukuran yang lebih kecil dengan resiko kualitas gambar akan berkurang.

Di bawah ini merupakan tabel resolusi dan informasi pixel gambar yang dikutip dari microscope-microscope.org sebagai referensi.

Mengenal Lebih Dalam mengenai Resolusi Gambar

Resolusi Gambar di Teknologi Video

Term mengenai resolusi gambar ini juga berlaku untuk video. Teknologi video 2K bahkkan 4K sudah sering kita dengar. Beberapa produk consumer good seperti TV pun sudah mendukung kualitas gambar 4K. Sama dengan pembahasan mengenai gambar (citra), 4K ini sangat berkaitan erat dengan resolusi dan pixel. Jika kita bandingkan dengan tabel diatas, maka resolusi 4K berkisar 3840 pixel × 2160 pixel (digital) .

Berapa sih besaran pixel jika dianalogikan dengan luasan bidang dilayar ?

Mengenal Lebih Dalam mengenai Resolusi Gambar

Courtesy dari www.slrlounge.com

Ingin tau berapa resolusi untuk Bioskop ? Studio yang menggunakan IMAX digital memanfaatkan 2 projector digital dengan resolusi 2K dengan aspek rasio 1:1,9 (hampir mirip dengan aspek rasio TV flat 16:9)

Mengenal Lebih Dalam mengenai Resolusi Gambar

Beacon dengan range produknya yang berfokus pada solusi Video professional, memiliki varian produk dari HDMI extender, Multi viewer dengan resolusi hingga 4K.

Beacon AV-9520

Sebuah HDMI extender over IP yang mendukung resolusi hingga 4K. Mesin ini berkerja berpasangan sebagai transmitter dan receiver yang dilengkapi dengan USB, IR dan RS232 yang dihubungkan dengan kabel ethernet.

Mengenal Lebih Dalam mengenai Resolusi Gambar

Solusi ini bekerja menggunakan konsep standar IP, dimana transmitter akan men-convert sinyal input (HDMI, Audio, dan USB) menjadi paket-paket IP multicast/unicast ke switch gigabit ethernet. Di sisi receiver, ia akan menerima paket dan melakukan re-convert ke sinyal HDMI, Audio, USB dan dikirimkan ke display, speaker dan USB device. 4K2K encoder/Decoder engine memiliki fungsi scaler dan mendukung fitur video-wall.

Mengenal Lebih Dalam mengenai Resolusi Gambar

Solusi ini sangat cocok untuk bidang broadcasting, KVM matrix control dan aplikasi video wall seperti digital signage atau informasi publik di airport.