Technology Global Positioning System (GPS)

Technology Global Positioning System GPS Technology Absensi GPS. Global positioning system (GPS) adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menentukan letak dibumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan gelombang sinyal mikro ke bumi. Sinyal tersebut diterima oleh alat penerima di permukaan untuk selanjutnya digunakan menentukan letak, kecepatan, arah dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.

GPS sendiri dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkap NAVSTAR GPS. Nama NAVSTAR bukanlah sebuah singkatan, melainkan nama yang diberikan oleh Jhon Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS. Kumpulan satelit ini diurus oleh 50 Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Biaya perawatan sistem ini Sekitar US$750 per-tahun, termasuk pergantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.

GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna melacak keberadaan kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan waktu Real-Time (terkini). GPS Tracking memanfaatkan kombinasi dari teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah objek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.

Technology DGPS

DGPS (Differential Global Positioning System) adalah sebuah sistem atau cara untuk meningkatkan GPS, dengan menggunakan stasuin darat, yang memancarkan koreksi lokasi. Dengan sistem ini, maka ketika alat navigasi menerima koreksi dan memasukan kedalam perhitungan, maka akurasi alat navigasi tersebut akan meningkat. Namun karena menggunakan stasiun darat, sinyal tidak dapat mencakup area yang luas.

SBAS (Satelite Based Augmentation System) secara umum dapat dikatakan sebagai DGPS yang menggunakan satelit namun memiliki cara kerja yang berbeda. SBAS memiliki cakupan area yang jauh lebih luas dibandingan dengan  DGPS yang mnggunakan stasiun darat. Ada beberapa SBAS yang selama ini dikenal, yaitu WAAS (Wide Area Augmentation System), EGNOS (European Geostationary Navigation Overlay Service), dan MSAS (Multi-functional Satellite Augmentation System). WAAS dikelola oleh Amerika Serikat, EGNOS oleh Uni Eropa, dan MSAS oleh Jepang. Ketiga sistem ini saling kompatibel satu dengan lainnya, artinya alat navigasi yang menggunakan salah satu sistem, akan dapat menggunakan kedua sistem lainnya juga. Pada saat ini hanya WAAS yang sudah beroperasional penuh dan dapat dinikmati oleh pengguna alat navigasi di dunia. Walaupun begitu, sebuah DGPS dengan stasiun darat yang berfungsi baik, dapat meningkatkan akurasi melebihi/sama dengan peningkatan yang dapat dicapai oleh SBAS.

SBAS secara umum, bisa dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu “real time (langsung)” dan “Post processing (setelah kegiatan selesai)”. Maksud dari ‘real time’ adalah alat navigasi yang menggunakan sinyal SBAS ataupun DGPS secara langsung saat digunakan. Sedangkan ‘post processing’ maksudnya adalah data yang dikumpulkan oleh alat navigasi di proses ulang dengan menggunakan data dari stasiun darat DGPS. Ada banyak stasiun darat DGPS diseluruh dunia yang dapat kita pakai untuk hal ini, baik versi yang gratis maupun berbayar, bahkan kita dapat langsung menggunakannya melalui internet.

DGPS ataupun SBAS dapat meningkatkan akurasi, tetapi dengan syarat sinyal yang dipancarkan berisikan koreksi untuk wilayah di mana kita menggunakan alat navigasi. Bila tidak berisikan koreksi data bagi wilayah tersebut, maka tidak akan terjadi peningkatan akurasi.

 

Technology Absensi GPS

Absensi Mobile GPS ini sangatlah membantu bagi perusahaan-perusahaan besar maupun menengah untuk melihat absensi karyawannya. Salah satu perusahaan mesin absensi yang sudah memiliki sebuah aplikasi Absensi Mobile GPS ini ialah Easyclocking.

Easyclocking bertempat di USA, perusahaan ini telah merilis software tersebut sejak setahun yang lalu. Easyclocking memiliki distributor resmi untuk wilayah Asia yaitu PT Hebros yang bertempat di Jakarta Timur, Indonesia.

Sedikit penjelasan tentang manfaat yang didapat:

  1. Manajemen yang fleksibel

Pekerja di lapangan dapat melakukan absensi di mana pun mereka berada, dan supervisor di luar kantor dapat memantau lokasi karyawan dan melakukan penjadwalan dari jarak jauh.

  1. Layanan mandiri karyawan

Bagi karyawan di luar lokasi kantor, melalui absensi mobile mereka dapat melakukan absensi dan melihat jadwal mereka dari mana saja. Mereka dapat memeriksa jam kerja mereka, sisa waktu kerja yang dibayarkan, atau tingkat ketidakhadiran.

  1. Akurasi

Melalui aplikasi absensi mobile, waktu dan informasi kehadiran akan terdata secara tepat waktu, dan lebih akurat.

Cara menggunakan Absensi Mobile GPS melalui PC

  • Buka Google Chrome atau Mozila
  • ketikan Easyclocking.net seperti gambar di bawah

Cara menggunakan Absensi Mobile GPS melalui PC

  • Lalu akan muncul gambar seperti di bawah ini

Technology Global Positioning System GPS Technology Absensi GPS

  • Setelah itu masukan Company ID, User Name, dan Password
  • Setelah di masukan akan muncul tampilan seperti ini

Technology Global Positioning System GPS Technology Absensi GPS

  • Lalu klik Clock in dan anda atau pun karyawan anda sudah terdata absensinya

Cara menggunakan Absensi Mobile GPS melalui Smartphone atau android

  1. Buka Playstore ketikan di pencarian ‘easyclocking’ lalu download
  2. Setelah selesai mendownload anda bisa memasukan ID Company, User Name, dan Password sama seperti di atas.
  3. Setelah itu akan muncul gambar sama seperti di atas lalu anda Clock in
  4. Anda atau pun karyawan anda sudah terdata absensinya.

Demikian penjelasan bagaimana cara menggunakan Absensi Mobile GPS, untuk cara menggunakan Technology Global Positioning System GPS Technology Absensi GPS melalui PC hanya opsi bagi karyawan yang Smartphone atau pun Android nya mengalami kerusakan, dan kehilangan. Semoga bermanfaat untuk semua pembaca artikel ini.

WhatsApp chat