Teknologi saat ini makin maju, untuk absensi pun mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi. Pada dasarnya absensi itu berfungsi untuk mendata untuk kehadiran karyawan atau siswa.

Beberapa metode pengabsenan yaitu :

  1. Metode konvensional

Mulai dengan metode mencatat dengan cara memanggil nama satu persatu namun dirasa itu buang-buang waktu. Karena jika siswa atau karyawan ribuan dapat menghambat pekerjaan. Metode ini termasuk tingkat rendah dalam pengabsenan.

  1. Metode Pengisian absensi sendiri

Pengisian absensi sendiri dilakukan seperti tanda tangan disebuah form yang menandakan kehadiran pada hari itu. Namun kelemahannya dapat dimanipulasi oleh temannya seperti TA (Titip Absen).

  1. Metode dengan kartu absen / Analog / Ceklok / Amano

Metode seperti ini biasanya masih dilakukan dipabrik-pabrik. Kartu absen dimasukan pada mesin absen analog/amano. Metode ini cukup efektif untuk karyawan namun akan kewalahan saat rekap absen yang begitu banyak kartu. Oleh karena itu jangan heran jika saat tutup buku membutuhkan waktu untuk rekap absen hingga ke penggajian.

  1. Metode Absensi Kartu Magnetic dan RFID

Metode ini perbaikan dari sebelumnya yang kali ini sudah menggunakan teknologi. Ada yang menggunakan kartu gesek (menggunakan barcode) atau kartu RFID (menggunakan frekuensi radio). Teknologi ini sudah berbasis software desktop, data dari mesin ini dapat ditarik dan dikumpulkan kesebuah software, diolah dan siap untuk perhitungan penggajian. Namun kelemahannya kartu tersebut dapat dititipkan oleh orang lain ( titip absen) sehingga masih ada celah untuk melakukan absensi.

  1. Metode Fingerprint / Sidik Jari

Metode ini merupakan metode pengenalan/pemindaian sidik jari, jadi dapat mencegah adanya sistem titip absen. Namun terkadang ada beberapa mesin yang gagal membaca sidik jari pada mesin karena sensor sering disentuh. Bisa jadi kemungkinan lecet pada sensor atau jari karyawan yang lecet, kering, berminyak, dan hal lain.

  1. Metode Retina Mata

Teknologi ini sudah tinggi dan bebas dari sentuhan dan kesalahan dalam pemindaian sangat kecil. Sehingga sulit untuk dipalsukan dan subject verifikasinya sangat cepat. Tapi untuk pengoperasiannya mesin absen retina harus dilakukan sangat dekat.

  1. Metode Iris Mata

Seperti halnya metode retina mata, namun metode ini lebih bersahabat. Karena tidak perlu sampai dekat ke mesin pada saat pemindaian, keakuratanpun sama, dan lebih banyak diterima secara luas.

 

Demikian beberapa metode pengabsenan dari tingkat rendah ke teknologi tinggi. Teknologi dibuat dan dikembangkan agar dapat mempermudah penggunanya. Lebih cepat, tepat, dan efisien.

WhatsApp chat