Beberapa waktu yang lalu, jagad medsos sedang diramaikan dengan sebuah istilah baru yang lekat dengan kehidupan masa kini generasi milenial yaitu “ PHUBBING ” . Kata PHUBBING sendiri merupakan sebuah definisi baru yang diciptakan sebagai bagian dari kampanye oleh Macquarie Dictionary untuk mendeskripsikan tindakan acuh tak acuh seseorang di dalam sebuah lingkungan karena lebih fokus pada gadget dari pada membangun sebuah percakapan.

Tanpa kita sadari memang saat ini kita lebih asik dengan gadget dibanding melakukan interaksi dengan orang-orang sekitar, karena gadget memang merupakan sebuah teknologi yang sangat menarik. Banyak sekali aplikasi yang dapat kita install untuk meningkatkan produktifitas maupun sekedar untuk hiburan. Namun jangan lupa, interaksi real lebih penting dari pada tenggelam dengan dunia maya yang dihantarkan oleh gadget.

 

Dibalik efek samping dari penggunaan gadget, unit kecil tersebut sebenarnya memiliki potensi besar dalam membantu produktifitas kita. Di bawah ini terdapat 5 jenis aplikasi yang dapat membantu aktifitas sehari-hari, diantaranya:

 

  1. Peta Digital

Malu bertanya, sesat di jalan merupakan sebuah pepatah yang mungkin sebentar lagi akan punah, mengapa? Karena saat ini tersedia aplikasi penunjuk arah online maupun offline . Dimulai dengan yang berbayar maupun yang gratisan ala google map tersedia di platform android maupun IOS . Bahkan beberapa aplikasi dapat menunjukan status kemacetan yang real time dan memberikan alternative rute lain yang lebih efektif untuk menghidar dari kemacetan tersebut. Ingat, untuk menggunakan aplikasi tersebut, smart phone harus memiliki fungsi GPS.

 

  1. Aplikasi percakapan (Mobile messaging)

Bukan sebuah rahasia bila chat online merupakan sesuatu yang cukup menyenangkan . Banyak orang yang lebih menyukai berkomunikasi dengan cara chat dari pada bercakap-cakap secara langsung.Dikutip dari www.similarweb.com menginformasikan bawah pada tahun 2018

Whatsapp merupakan aplikasi chating terpopuler di dunia dengan sebaran di 168 negara. Dengan semakin banyak fitur tambahan yang disematkan pada aplikasi chatting ini seperti melakukan panggilan suara, berbagi video dan foto, membuat aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi wajib pada sebuah gadget .

 

  1. Produktifitas Kantor.

Aplikasi pengolah kata, spreadsheet, maupun email juga termasuk aplikasi yang wajib di install. Mengapa? kadangkala membuat sebuah makalah, mempersiapkan materi presentasi untuk meeting maupun kirim dan terima email lebih nyaman dilakukan melalui gadget. Dengan ukuran yang compact dan memiliki spesifikasi yang cukup, maka semua hal tersebut bisa dilakukan “on the go“. Materi presentasi rampung, email bisa dibaca dengan baik dan makalah bisa dikumpulkan dengan tepat waktu. What a wonderful world!

 

  1. File Explorer

Gadget ini tidak ubahnya seperti PC maupun laptop, dimana pada saat kita lakukan browsing, download gambar, maupun membuat note, semuanya itu akan menciptakan sebuah file yang akan disimpan permanen di dalam media penyimpanan internal maupun external ( jika tersedia ) . Jika file-file ini tidak ter-“manage” dengan baik, tidak menutup kemungkinan suatu saat akan muncul sebuah peringatan bahwa media penyimpanan sudah penuh . Dengan demikian kita harus melakukan penghapusan terhadap file yang sudah tidak dipergunakan dengan bantuan aplikasi file explorer. Banyak tersedia aplikasi tersebut secara gratis yang cukup dilengkapi dengan fitur penunjang yang mumpuni sebagai file explorer.

 

  1. Absensi

Jika kita adalah karyawan, kita pasti tidak akan melupakan sebuah ritual yang selalu dilakukan pagi dan sore hari. Apalagi kalau tidak melakukan absensi. Sebuah aplikasi absensi dari Easyclocking tersedia di Google Play dan Apple Store mengijinkan karyawan untuk melakukan absensi “on the go” . Maksudnya? Aplikasi ini memungkinkan karyawan melakukan absen masuk maupun keluar menggunakan gadget berdasarkan posisi GPS.

Tidak Cuma itu, pengajuan cuti , ijin juga dapat dilakukan langsung. Untuk department HRD juga mendapatkan keuntungan dari aplikasi ini, karena system ini real time-online, anytime anywhere dapat melakukan pembuatah laporan absensi. Dan juga dapat mengetahui karyawan yang absen dengan fitur “Whos In“. Aplikasi ini sangat cocok untuk karyawan yang memiliki mobilitas tinggi maupun yang kegiatan sehari-hari tidak di dalam kantor .

 

Gadget yang kita miliki sudah seharusnya dimanfaatkan untuk sesuatu hal yang produktif, namun jangan sampai terperangkap pada PHUBBING