Komputer yang kita pakai untuk Aktifitas harian kita tidak selamanya akan tetap dalam kondisi baik. Semua komputer memiliki umur yang terbatas. Banyak ciri bahwa komputer yang kita gunakan sudah tidak normal lagi, biasanya ditandai dengan suara bising yang keluar dari dalam komputer, proses mulai melambat, dan mulai muncul pesan kesalahan tanpa alasan yang jelas.

Kita harus mengerti dan memahami apa yang membuat performa PC menurun, sehingga memungkin kan PC dapat bertahan lama. Maintenance yang buruk juga dapat memicu kerusakan pada PC. Beberapa masalah yang dapat menyebabkan turunnya performa PC.

 

 

Debu Yang Menumpuk

 

Hal lain yang menyebabkan panas adalah debu. Posisi PC yang diletakkan di lantai biasanya akan cepat berdebu. Penumpukan debu ini dapat menghalangi ventilasi udara, sangat beresiko overheating. Hal ini juga dapat menghambat bagian yang bergerak, bagian yang bergerak harus bekerja lebih keras.

Paling tidak, Anda harus memeriksa dari waktu ke waktu bahwa ventilasi udara bagian belakang tidak terhalang. Lebih baik lagi, ada baiknya sesekali membuka casing dan membersihkan PC Anda.

 

Pemadaman Listrik

 

Seiring dengan lonjakan listrik, pemadaman listrik juga perlu dihindari. Dalam kebanyakan kasus, pemadaman listrik tiba-tiba akan menyebabkan kehilangan data, tapi hard drive dan solid state drive juga bisa mengalami kerusakan hardware permanen.

Hard drive khususnya rentan terhadap crash, di mana piringan tergores oleh head untuk membaca dan menulis disk. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak sehingga mereka tidak terpengaruh dengan hal ini, namun mereka tetap rentan terhadap kegagalan listrik, mereka bisa menjadi rusak, atau bahkan mati.

Solusinya adalah dengan menggunakan power supply (UPS). Ini adalah perangkat eksternal yang menyediakan beberapa menit dari daya cadangan darurat, cukup bagi Anda untuk mematikan komputer Anda.

 

Update Software

 

Masalah software tidak akan mengurangi umur PC Anda, tetapi mereka akan membuatnya berjalan lebih lambat. Bahkan, menghabiskan beberapa jam untuk merapikan perangkat lunak Anda.

 

Pertama, menjaga keamanan dengan memasang semua update yang tersedia untuk OS dan program. Pastikan Anda menjalankan web browser up-to-date, dan menyingkirkan plugin yang tidak aman. Menginstal semua alat keamanan yang diperlukan, tapi jangan berlebihan.

Kemudian, berurusan dengan kinerja. Sebaiknya menyingkirkan program yang tidak terpakai, dan menghindari penggunaan berlebihan dari aplikasi beta. Periksa program yang mengatur diri mereka sendiri untuk berjalan pada boot, dan menghapus yang tidak perlu. Anda juga harus membersihkan file usang.

Semua PC pada akhirnya akan rusak juga, namun kita dapat mencegah agar kerusakan tidak datang begitu cepat, sehingga umur PC lebih lama.

 

Kami PT.Hebros menawarkan jasa perawatan PC. Ditangani dengan teknisi yang handal dan dapat dipercaya. Kunjungi web site kami untuk info lebih jelasnya, semoga artikel di atas dapat membantu dan menambah wawasan kita tentang pentingnya perawatan sebuah PC.